Pertambahan berat badan ayam

Pemberian ransum bertujuan menjamin pertambahan bobot badan dan produksi daging. Lokasi kandang Kandang ideal terletak di daerah yang jauh dari pemukiman penduduk, mudah dicapai sarana transportasi, terdapat sumber air, arahnya membujur dari timur ke barat. Proposal ini telah lolos seleksi Dikti, sehingga berhak atas dana penelitian program PKM Kemenristekdikti tahun Starbio berperan meningkatkan kecernaan, sintesa protein mikroba, mengurangi bau kotoran, dan ramah lingkungan.

Ayam broiler ini baru populer di Indonesia sejak tahun an dimana pemegang kekuasaan mencanangkan panggalakan konsumsi daging ruminansia yang pada saat itu semakin sulit keberadaannya. Obat-obatan yang digunakan meliputi: Kandang dicuci dengan sprayer tekanan tinggi dari bagian atas, dinding dan tirai, hingga lantai.

Untuk mengetahui pemeliharaan ayam broiler 2. Rendahnya konsumsi pakan pada P2 karena adanya penambahan probiotik EM-4 yang optimal dan akan meningkatkan kemampuan daya cerna organ pencernaan, sehingga walaupun kelompok ayam P2 mampu mengkonsumsi pakan lebih sedikit dibanding kelompok ayam pada perlakuan P0, namun pertambahan berat badannya tetap lebih baik, walaupun secara statistik tidak berbeda nyata.

Ayam yang terserang secepatnya dipisah, karena mudah menularkan kepada ayam lain melalui kotoran dan pernafasan. Angka konversi ransum menunjukkan tingkat penggunaan ransum dimana jika angka konversi semakin kecil maka penggunaan ransum semakin efisien dan sebaliknya jika angka konversi besar maka penggunaan ransum tidak efisien.

Menurut Northe pertambahan berat badan yang ideal adalah gram per minggu untuk jantan dan untuk betina gram per minggu. Perlakuan khusus tersebut adalah: Perlakuan ini dilakukan setiap minggu selama kegiatan berlangsung, dan pada akhir penelitian semuanya dijumlahkan untuk mendapatkan konsumsi ransum selama penelitian.

Bobot tubuh ternak dapat diketahui dengan penimbangan.

MANAJEMEN PEMELIHARAAN AYAM BROILER

Ahmad Dkk berharap hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi para peternak ayam broiler. Starbio, f. Dilaksanakan pada umur 4 hari dengan metode tetes mata.

Manajemen Pakan Ayam Broiler

Pada umur 2 minggu dibagi dalam 5 kelompok, terdiri dari 1 kelompok kontrol dan 4 kelompok perlakuan yang diberi wortel dengan dosis dari konversi manusia ke ayam. FCR merupakan perbandingan antara jumlah ransum yang dikonsumsi dengan pertumbuhan berat badan. Tujuan penyuluhan pertanian Menurut Deptantujuan penyuluhan pertanian adalah meningkatkan pendapatan dan kesejahteran petani dan keluarganya beserta masyarakat pelaku agribisnis melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi usaha dengan cara meningkatkan kemampuan dan keberdayaan mereka.

Jamu untuk ternak tersebut difermentasi dengan menggunakan EM Pengadaan bahan penelitian berupa ayam kampung umur 8 minggu sebanyak 16 ekor. Setelah ayam berumur diatas 1 minggu, tempat pakan harus diganti dengan tempat pakan khusus yang digantung. Guna memaksimalkan hasil produksi dengan biaya seminimal mungkin, peternak melakukan berbagai cara.

Lama pemeliharaan ayam ini sekitar hari untuk mencapai berat karkas — gram Jayanata, Masalahnya hanya belum memahami secara teknis harus bagaimana melakukan budidaya ayam jenis ini.

Di samping itu juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berkaitan dengan genetik dan lingkungan tempat ternak itu dipelihara. Pelaksanaan Penelitian Persiapan dan pelaksanaan penelitian dilaksanakan dengan tahap sebagai berikut: Hal yang sama juga diperoleh Agustina bahwa ramuan herbal yang dicampur EM-4 cenderung memperbaiki konsumsi pakan, konversi pakan maupun rasio efisiensi protein.

Menurut Ahmad Syaifullah, kecukupan energi dan protein dapat digunakan sebagai indikator untuk melihat kondisi gizi masyarakat, juga keberhasilan usaha pemerintah dalam pembangunan pangan peningkatan sumber daya manusia.Data yang diperoleh dilakukan analisis dengan menggunakan Anova untuk mengetahui pengaruh pemberian starbio terhadap konsumsi, pertambahan berat badan harian dan konversi pakan.

Apabila ada perbedaan nyata maka dilanjutkan dengan uji Duncan. Adapun alat bantu yang digunakan adalah program SPSS Author: Merpati Jantan. 2/19/ · Pakan yang diberikan harus memberikan zat pakan (nutrisi) yang dibutuhkan ayam, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, sehingga pertambahan berat badan Author: Tani Nusantara.

Pengaruh berat badan awal tidak nyata terhadap berat badan akhir, tetapi terlihat berat badan awal 32 – 34 g cenderung memiliki performa lebih baik pada pemuasaan 24 jam. Pengaruh pemuasaan setelah menetas selama 48 – 60 jam dapat menurunkan performa akhir ayam pedaging.

Ciri Ayam yang Sehat

Kata Kunci: Broiler, Berat Badan Awal, Pemuasaan, Konsumsi Pakan,PBB. 12/17/ · Menurut Ichwan () bahwa protein merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap pertambahan berat badan, mengingat fungsi protein sebagai unsur pembentuk jaringan tubuh, maka banyaknya konsumsi pakan yang masuk ke dalam tubuh ayam mengakibatkan pakan terserap oleh tubuh sehingga terjadi pembentukan tubuh.

Kepadatan tinggi menurunkan berat badan pullet umur 18 minggu, meningkatkan kerusakan dada pada broiler, menimbulkan kanibalisme pada ayam, yakni ayam saling patuk mematuk sehingga menimbulkan luka pada tubuh ternak sehingga memudahkan masuknya parasit dan menimbulkan penyakit dan akhirnya meningkatkan angka kematian, pencapaian berat badan Author: Sagigakure.

4/14/ · Rose () menyatakan bahwa pertambahan bobot badan ayam berlangsung sesuai dengan kondisi fisiologis ayam. Perubahan bobot badan membentuk kurva sigmoid yaitu meningkat perlahan-lahan kemudian cepat dan perlahan lagi atau berhenti.

Penelitian Santoso () menyatakan bahwa pertambahan bobot badan ayam broiler umur enam minggu yang dipelihara.

Pertambahan berat badan ayam
Rated 3/5 based on 98 review