Jurnal sistem pengukur berat dan tinggi badan menggunakan mikrotolerer

Diagram Blok Diagram blok sistem dirancang untuk dapat mengetahui prinsip kerja keseluruhan sistem ataupun rangkaian. Penentuan untuk kategori ukuran tubuhnya juga hanya ada 3 yaitu kurus, normal, dan Terutama kaum muda lebih banyak yang mendambakan gemuk.

Akurasi data 24 bit bit ADC 6. Pin Vo berfungsi mengatur kecerahan tampilan kontras dimana pin ini dihubungkan dengan trimpot, jika tidak digunakan dihubungkan ke pentanahan. Tipe AT89S51 dengan teknologi nonvolatile memory, isi memori tersebut dapat diisi ulang ataupun dihapus berkali-kali.

Kata Kunci: Dan akan menghasilkan pulsa low jika terhalang sesuatu maka tahanan pada penerima akan besar sehingga arus tidak mengalir. Khoiruddin, A. Sistem ultrasonik. Rhenza, dan Rachmansyah.

Sebaliknya, jika berat badan seseorang jauh di bawah normal juga dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Rofiq Hidayat1, Yustisia Aswin Hapsari2. Dapat menentukan 5 kategori ukuran tubuh yaitu kurus, normal, gemuk.

Gambar 3 Straingauge pada Loadcell Strain gauge tersebut terpasang dalam konfigurasi jembatan wheatstone. Berikut ini pin, kaki atau jalur masukan dan kontrol dalam suatu LCD diantaranya adalah: Jarak antara transmitter dan receiver x cukup dekat, sehingga sudut pantulnya kecil sehingga jarak s tidak terpengaruh oleh sudut pantul tersebut.

Ketika berat badan ditimbang data tersebut akan dimasukkan ke dalam board ARM sebagai data berat badan, kemudian terdapat keypad untuk memasukkan data tinggi badan, kedua data diolah atau dihitung untuk mendapatkan indeks masa tubuh kemudian dikelompokkan sesuai kategorinya, kategori tersebut lalu ditampilkan pada LCD, jika diluar kategori normal maka akan ditampilkan berat badan yang seharusnya dimiliki sebagai berat badan ideal.

Jurnal Teknik Elektro. Jadi apabila optocoupler membaca 10 kali pulsa maka hasil pengukur tinggi ini akan menjadi data masukan kepada yang didapat adalah 10 kg. Gramedia, ,ch: Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Prinsip kerja dari timbangan digital ini menggunakan optocoupler yang akan dipasang pada piringan bergerigi.

Rangkaian catudaya Dalam perancangan perangkat keras ini menggunakan IC regulator dan IC maka dapat dihasilkan tegangan yang dibutuhkan untuk mengaktifkan komponen yaitu sensor, arduino, dan motor Gambar Gambar 4 Prinsip kerja jembatan wheatstone pada Loadcell 3.

Dengan demikian sifat gelombang ultrasonik ini dapat digunakan untuk mengukur jarak dengan syarat selang waktu antara saat pulsa dikirim dan pulsa pantul diterima, jarak antara alat pengukur dan benda penghalang bisa dihitung.

Artikel Jurnal Pengukuran Berat Badan Pdf

Gelombang ultrasonik ini melalui udara dengan kecepatan meter per detik, mengenai obyek dan memantul kembali ke sensor. Nichols, Ultrasonic inspection of heavy section steel. Memiliki 1 channel I2C. Konsumsi arus kurang dari 10 mA 8.

Jurnal (Sistem Pengukur Berat Dan Tinggi Badan Menggunakan Mikrokontroler At89s51)

Pada lodcell terdapat strain gauge yang dapat mengubah tegangan mekanis yang bekerja menjadi perubahan resistansi. Sensor dapat mengukur jarak dari 3 cm sampai cm.tugas instrumentasi sistem pengukur berat dan tinggi badan menggunakan mikrokontroler at89s51 oleh alfred budiyono (h) indrawanto paningaran (h).

Diagram Alir Untuk Pengukuran Mikrokontroler Berat Badan 82 JURNAL TEKNIK ELEKTRO Sistem Pengukur Berat dan Tinggi Badan Menggunakan Mikrokontroler AT89S51 LED Start LED adalah jenis semikonduktor p-n junction yang bekerja pada kondisi forward bias. LED mempunyai penurunan tegangan dari 1,5 Volt sampai 2,5 Volt untuk arus diantara 10mA dan mA.

Penurunan tegangan. Finde Dein ideales Hotel und vergleiche Preise von verschiedenen Webseiten Über Buchungsseiten · 1,8Mio+ Hotels Weltweit · Langschläfer AngeboteHotelsuche mit über 1,4 Millionen Hotels im unabhängigen Hotel-Preisvergleich.

sistem pengukur berat dan tinggi badan menggunakan mikrokontroler at89s51 Thomas1, Johan.K.W2, Henhy3 Jurusan Teknik Elektro Universitas Tarumanagara Jakarta [email protected]/5(1). Artikel Jurnal Pengukuran Berat Badan Pdf. ABSTRACT.

Ratih Kusuma Dewi, Arkhan Subari, dalam desain kertas dan aplikasi pengukuran tinggi badan, berat badan, suhu tubuh, dan tekanan berdasarkan miktrokontroler atmega16 menjelaskan bahwa sekarang hampir semua penggunaan otomatisasi, baik dalam dunia kesehatan.

Agar memudahkan untuk memantau indeks masa tubuh dibuat alat pengukur berat badan ideal yang prinsip kerjanya menggunakan sensor loadcell sebagai timbangan untuk memasukkan data berat badan, kemudian menggunakan keypad untuk memasukkan data umur dan tinggi badan.

Jurnal sistem pengukur berat dan tinggi badan menggunakan mikrotolerer
Rated 3/5 based on 28 review