Data kelompok berat badan mean median modus

Jumlah Terjual Banyak Toko frekuensi Contoh 3. Berikut ini adalah data berat badan sepuluh orang siswa. Jika titik tengah kelas modusnya adalah 17, maka modusnya harus lebih dari 17 seperti terlihat pada Gambar 5.

Data Kelompok Untuk data kelompok, median atau nilai tengahnya dapat dihitung dengan: Secara umum, statistika dibagi menjadi dua fase, yaitu: Jangkauan adalah selisih tepi atas kelas tertinggi dengan tepi bawah kelas terendah.

Tentukan perbandingan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan jika rata-rata hitung penduduk laki-laki adalah 54 tahun dan rata-rata hitung penduduk perempuan adalah 32 tahun. Diberikan tabel hasil panen jagung sebagai berikut. Semakin tinggi range berarti distribusinya semakin beragam, bervariasi atau heterogen.

Modusnya adalah 6 dan 8 karena datum tersebut paling banyak muncul, yaitu 2 kali. Rangkuman 1. Untuk mengetahui tingkat pencemaran air minum di suatu daerah, dilakukan penelitian dengan mengambil beberapa galon air dan air sumur penduduk. Dengan begitu, kalian akan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ukuran pemusatan data a. Data dari pengukuran berat badan siswa kelas 3 diperoleh sebagai berikut. Data Cacahan Data cacahan atau data yang diperoleh dengan cara menghitung atau mencacah. Rata-rata Mean 1. Related Posts: Urutan data 2, 3, 3, 3, 4, 4, 4, 5, 6, 7 Nilai data yang banyak muncul adalah 3 dan 4, maka modus dari data tersebut adalah 3 dan 4.

Setelah diurutkan, diperoleh: Kurva distribusi frekuensi akan terbentuk menceng ke kiri. Diketahui data berikut: Anda dapat juga memakai nilai tengah kelas ke 2, ke 3, dst sebagai rata-rata sementara.

Jelaskan langkah-langkah untuk membuat garis vertikal yang dapat membagi data di atas menjadi dua bagian yang sama.Untuk menentukan dasar penghitungan varian dan simpangan baku merupakan keinginan untuk mengetahui variasi dari kelompok data.

Untuk bisa mengetahui variasi suatu kelompok data yaitu mengurangi nilai data beserta rata-rata kelompok data tersebut, kemudian hasil. Mean atau rata-rata merupakan hasil bagi dari sejumlah skor dengan banyaknya responden.

Perhitungan mean merupakan perhitungan yang sederhana, karena.

Ukuran Pemusatan Data: Mean, Median, dan Modus

Median adalah nilai tengah setelah data diurutkan. Quartil ada 3 yaitu: Q 1 (k artil bawah), 2 (Median), Q3 (kuartil atas) Dapat diperoleh dengan rumus.

35 kg, 38 kg, 37 kg, 40 kg, 45 kg, 36 kg, 37 kg, 38 kg, 39 kg, 37 kg Tentukanlah mean, modus, dan median untuk data berat badan siswa tersebut. C. Penyajian Data Statistik Untuk keperluan laporan atau analisis lebih lanjut, data yang telah dikumpulkan perlu disusun dan disajikan dalam bentuk visual yang jelas dan baik.

Rumus Modus Data Kelompok

Secara umum ada dua cara penyajian data, yaitu dengan tabel (daftar) dan. Tinggi Badan: 45, 50, 53, 56, 60, karena data genap maka median adalah rata-rata dari data ketiga dan keempat yaitu 53+56 =/2 = 54,5.

C. Modus Pada tinggi dan berat badan amir tidak ada data yang paling sering muncul, semua data masing-masing muncul sebanyak satu kali. Ukuran Pemusatan Pengolahan data biasanya dilakukan untuk menghasilkan ukuran- ukuran yang berupa rangkuman yang dapat mewakili data tersebut.

Data kelompok berat badan mean median modus
Rated 3/5 based on 18 review